Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Jawa Barat

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Selayang Pandang

Selayang Pandang Dinas Kesehatan

Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung merupakan salah satu SKPD yang menyelenggarakan pelayanan publik di bidang kesehatan. Tugas pokok dan fungsi Dinas Kesehatan berdasarkan Perbup No. 3  tahun 2008 adalah merumuskan kebijakan teknis pelaksanaan bidang kesehatan. Untuk melaksanakan tupoksinya  Kepala Dinas Kesehatan dibantu oleh seorang sekretaris dan 4 orang kepala bidang, yaitu :

  1. Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan
  2. Kepala Bidang Bina Kesehatan Masyarakat
  3. Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan
  4. Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian Kesehatan

Di tingkat kecamatan penyelenggaraan pembangunan dan pelayanan kesehatan dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pelayanan Kesehatan yang berjumlah 31 UPTD. Adapun pelaksana pelayanan adalah Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas dan jaringannya,yang  terdiri dari : 62 puskesmas (5 Puskesmas Dengan Tempat Perawatan), 86  Pustu, 76 Polindes, dan  27 Poskesdes.

Visi dan Misi

Visi dan Misi Pembangunan Kesehatan (2011-2015)

Visi

Terwujudnya masyarakat Kabupaten Bandung yang sehat mandiri

Misi

  1. Memberikan pelayanan kesehatan berkualitas kepada masyarakat.
  2. Menyehatkan lingkungan tempat tinggal dan lingkungan tempat beraktifitas.
  3. Menanggulangi penyakit menular dan tidak menular.
  4. Menyehatkan keluarga dan memberdayakan masyarakat dalam bidang kesehatan.
  5. Melaksanakan pengawasan sediaan farmasi dan makanan.

Tujuan Strategis Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung

  1. Meningkatnya akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan.
  2. Meningkatnya kualitas lingkungan hidup yang sehat.
  3. Menurunnya angka kesakitan penyakit menular dan tidak menular.
  4. Meningkatnya status gizi dan kesehatan keluarga dalam masyarakat.
  5. Meningkatnya kemandirian masyarakat dalam bidang kesehatan.
  6. Meningkatnya kualitas farmasi, makanan dan minuman yang memenuhi syarat kesehatan.

Tupoksi

Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung merupakan Dinas Otonomi Daerah yang secara struktur sepenuhnya berada dalam kewenangan Pemerintah Daerah, sedangkan hubungan dengan Dinas Kesehatan Propinsi adalah merupakan hubungan kerja fungsional, sehingga tugas–tugas bantuan (dekonsentrasi) dibidang kesehatan ditingkat Kabupaten dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung mempunyai tugas pokok dibidang kesehatan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung berfungsi merumuskan kebijaksanaan sistem kesehatan Kabupaten dan melaksanakan kegiatan teknis operasional di bidang kesehatan, yang di laksanakan oleh Pemerintah di Kabupaten Bandung. Dinas ini berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Bupati Bandung.

Maksud dan tujuan pembentukan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, sebagaimana tercantum dalam peraturan Daerah Kabupaten Bandung, Nomor 9 Tahun 2002 yaitu :

  1. Bahwa untuk meningkatkan dan mengembangkan bidang Kesehatan yang telah dilaksanakan di Kabupaten Bandung, telah dibentuk Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung.
  2. Bahwa agar Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung dapat melaksakan tugasnya secara berdaya guna dan berhasil dipandang perlu untuk menetapkan susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung.

Kedudukan, Tugas Pokok, dan Fungsi.

Sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Bandung Nomor 9 Tahun 2002 Tentang Pembentukan Organisasi Dinas Daerah Kabupaten Bandung, Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung mempunyai kedudukan, tugas pokok dan fungsi sebagai berikut :

A. Kedudukan

  1. Dinas Daerah adalah unsur pelaksana Pemerintah Kabupaten yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekertaris Daerah.
  2. Dinas Daerah dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada dibawah dan tanggung jawab kepada Bupati Kepala Daerah.

B. Tugas Pokok

Dinas mempunyai tugas pokok merumuskan kebijaksanaan sistem kesehatan Kabupaten dan melaksanakan kegiatan teknis operasional di bidang kesehatan yang meliputi program, Penyehatan Lingkungan dan Penanggulangan Penyakit, Pelayanan Kesehatan, Kesehatan Keluarga, Farmasi serta melaksanakan Ketatausahaan Dinas.

 

Sumber : kesehatan.bandungkab.go.id


Layanan - Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Jawa Barat

Layanan Publik - Instansi