Nol Sampah

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Komunitas Nol Sampah adalah sebuah komunitas yang didirikan oleh kumpulan individu yang memiliki peduli pada isu lingkungan, terutama volunteer-volunteer yang tergabung dalam aktivitas kampanye Nol Sampah.

Visi dan misi nol dari Komunitas Nol Sampah adalah mengurangi volume sampah dengan cara menerapkan prinsip 3 R (Reduce, Reuse, and Recycle).

Mengurangi volume sampah dapat dilakukan langsung dari sumbernya (rumah tangga) dengan cara memisah sampah menurut jenis-jenis sampah.

  1. sampah organik, dapat diolah menjadi kompos.
  2. sampah kertas, dapat didaur ulang menjadi produk.
  3. sampah anorganik mudah didaur ulang (plastik bening, kaca, kain) dapat didaur ulang/ didaur pakai
  4. sampah anorganik sulit didaur ulang (berwarna dan beracun), inilah sampah yang sebenarnya, yang perlu penanganan khusus.

80% sampah rumah tangga merupakan jenis sampah 1, 2 dan 3 yang dapat diolah sendiri dengan cara individu (skala Rumah Tangga) maupun komunal (skala TPS), 20% sisanya yang masuk TPA untuk mendapatkan penanganan/pengolahan secara khusus. Jika hal ini dilakukan di seluruh rumah tangga, TPS dan TPA maka akan menghasilkan suatu manajemen pengelolaan sampah yang efisien, hemat biaya, dan ramah lingkungan.

 

Sumber: nolsampah.org


Layanan Publik - Instansi