Indonesia Kedatangan Motor Listrik Baru, Praktis Enggak Perlu Charger

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 30 Jul 2021, 08:55:44 WIB | dibaca : 104 pembacaOtomotif

Indonesia Kedatangan Motor Listrik Baru, Praktis Enggak Perlu Charger

Motor listrik Smoot Tempur Foto: doc. Smoot Motor Indonesia

Jakarta - Industri otomotif Indonesia khususnya segmen motor listrik dipastikan bakal kedatangan pendatang baru. Kerennya, motor listrik terbaru ini tidak perlu di charger di rumah lho, lah kok bisa?

Nah jangan bingung detikers, karena pada Agustus 2021 mendatang rencananya salah satu produsen motor listrik terbaru di bawah payung PT Smoot Motor Indonesia akan meluncur ke pasar dalam negeri. Mereka akan memperkenalkan motor listrik yang dinamai Smoot Tempur.

Berbeda dengan motor listrik lainnya, motor listrik Smoot Tempur ditawarkan sengan sistem swap (tukar) baterai. Ini artinya konsumen tidak perlu melakukan proses pengecasan di rumah, kantor, atau area parkir mal-mal.

Jadi saat baterai motor akan habis, pemilik kendaraan tinggal mencari lokasi penukaran baterai. Setelah menemukan lokasi penukaran baterai, pemilik motor tinggal memasukkan baterai ke mesin carger dan menggantinya dengan baterai lain yang sudah terisi penuh.

Saat ini gerai penukaran baterai Smoot terdapat di sekitar 100 lokasi di wilayah DKI Jakarta. Itu terdiri dari lokasi mini market dan beberapa SPBU.

Sistem swap baterai sejauh ini menjadi solusi paling ideal untuk mengatasi lamanya durasi pengecasan. Sebagaimana diketahui, waktu pengisian daya baterai kendaraan listrik kerap dikeluhkan banyak orang karena tak bisa dilakukan dengan cepat. Apalagi jika dibandingkan dengan mengisi tanki bensin dengan bahan bakar konvensional.

Sementara pengantian baterai motor Smoot ini hanya membutuhkan waktu sekitar 9 detik saja.

"Mungkin di dunia kita bukan yang pertama, di Indonesia kita baru pertama yang menerapkannya (memperkenalkan motor listrik Swap dan telah memiliki 100 titik tempat pengisian baterai)," ujar CEO PT Smoot Motor Indonesia, Irwan Tjahaja, dalam temu virtual dengan detikCom.

Motor listrik Smoot


Irwan menambahkan kehadiran Smoot bisa menjadi solusi baru bagi pengendara yang hendak beraktifitas dan mendambakan efisiensi.

"Setiap konsumen bisa melakukan perjalanan dengan sangat murah dan cukup melakukan top up perjalanan, untuk kuota 100 km itu hanya mencapai Rp 20.000 atau mencapai Rp 200/km, selanjutnya ada kuota 250 km seharga Rp 45.000 atau Rp 180/km dan kuota 500 km dengan harga Rp 80.000 atau Rp 160/km," ujar Irwan.

"Saat konsumen melakukan pembelian Smoot, konsumen akan mendapatkan motor listrik dengan satu baterai. Namun kepemilikikan baterai masih menjadi milik kami. Hal ini bisa menguntungkan konsumen, dengan menjadi milik kami dan menjadi hak pakai seumur hidup konsumen. Konsumen tidak perlu merawat dan jika ada kerusakan maka akan kami ganti," ujar Irwan.

Saat ini Smoot memang belum diperkenalkan secara resmi, namun motor listrik ini sudah mulai dijual melalui situs belanja online dengan harga Promo Rp 13,9 juta.

Untuk penggunaan normal, satu baterai Smooth yang terisi penuh mampu mencapai jarak sekitar 50-60 km.

Spesifikasi lengkap Smoot Tempur

Technical System

Kapasitas Baterai 64V/22,5 Ah
Electric Motor Type DC Brushless
Electric Motor Power 1500W
Runway Speed 10RPM (kurang lebih)
Maksimum Torque 112 NM/ 750 RPM
Controller 18 Tube Electric Controller
Under Voltage 51,5 (kurang lebih 0,5V)
Controller 18 Tube Vector Limit 45A
Maximum Load 150 Kg
Battery System Swappable


Dimensi

Length x Depth x Height 1.860mm x 690 mm x 1.050 mm
Pedals 425 mm x 320 mm
Seat 590 x 340 mm
Wheel Base 1.340 mm
Tire Size 12 inci Tubeless
Seat Height 690 mm
Ground Clearance 145 mm
Vehicle Weight 68 Kg


Sumber : detik.com