First Impression Ferrari SF90 Spider: Ferrari Paling Sangar datang ke Indonesia

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 15 Okt 2021, 09:57:08 WIB | dibaca : 73 pembacaOtomotif

First Impression Ferrari SF90 Spider: Ferrari Paling Sangar datang ke Indonesia

Foto: Ilustrasi

Jakarta - Melengkapi lini yang sudah mereka perkenalkan di tahun ini, mulai dari SF90 Stradale hingga Portofino M, Ferrari Indonesia kembali mendatangkan sebuah supercar yang mesinnya paling bengis dan canggih di pasaran saat ini.

detikOto diundang untuk datang ke acara peluncurannya yang digelar di The Langham Jakarta pada Jumat (8/10/21) silam, dan melihat langsung wujud dari Ferrari SF90 Spider. Penasaran dengan impresi pertama kami? Simak ulasan kali ini.

Ferrari SF90 Spider


Desain yang Khas SF90

Secara tampilan, jelas SF90 Spider ini membawa wujud yang sama dengan SF90 Stradale. Perbedaannya praktis hanya di bagian atap keras yang dapat terbuka atau convertible.

Dari depan, tampilannya sangar dengan headlamp yang diberi aksen winglet untuk menambah aerodinamika. Selain itu, di depan juga banyak lubang udara yang dapat mengaliri udara dari luar ke area mesin, dan juga dapat memberikan downforce ketika mobil dibawa lari 200 km per jam.

Kalau melihat dari samping, proporsi SF90 Spider ini memang khas supercar. Ukuran bonetnya tidak terlalu besar, karena SF90 pakai mesin yang ditanam di belakang, lalu ukuran kabinnya pun lumayan kompak, dan ukuran bodi belakangnya tampak besar.

Ferrari SF90 Spider


Dari samping, terlihat juga banyak aksen lubang aerodinamika yang tidak hanya sebagai kosmetik, tapi juga membantu meningkatkan performa dari SF90 Spider ini.

Geser ke belakang, SF90 Spider ini hadir dengan desain yang sangat futuristis dan tampil layaknya sebuah kapal luar angkasa. Model stoplamp-nya yang khas, lalu ada knalpot ganda yang dipasang di tengah, dan bumper-nya pun tampil dengan aksen yang sangat sporty.

Secara umum, sulit memang untuk tidak jatuh cinta dengan tampilan dari Ferrari ini. Namun seperti Ferrari lainnya, SF90 Spider ini juga dijual dalam versi yang bisa di-kustomisasi secara penuh. Artinya, setiap pembeli bebas mau menyematkan opsi apapun ke SF90 Spider-nya.

Mesin Paling Bertenaga di Keluarga Ferrari

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, SF90 Spider hadir dengan basis yang sama dengan SF90 Stradale. Jantung pacunya merupakan perkawinan antara mobil berbahan bakar bensin alias combustion engine dan juga motor listrik.

Mesinnya terpampang nyata, karena area "kap mesin" dibuat transparan. Desain kap mesin dari kaca seperti ini sebenarnya sudah lama tidak pernah digunakan oleh Ferrari. Namun, karena SF90 adalah model yang spesial, mereka membawa desain legendaris ini.

Ferrari SF90 Spider


Untuk mesin bakarnya, Ferrari menyematkan mesin V8 dengan twin turbo, yang bisa mengeluarkan tenaga sebesar 780 HP dan torsi 800 Nm.

Sedangkan untuk hybrid-nya, ada tiga buah motor listrik dengan total keluaran tenaga hingga 220 HP. Hybrid di Ferrari memang tak seperti mobil produksi massal kebanyakan, lebih tepatnya sistem hybrid di SF90 ini layaknya di mobil balap Formula 1.

Di atas kertas, dalam mode berkendara paling buasnya, Ferrari SF90 Spider ini bisa menggelontorkan tenaga hingga 1000 HP. Tenaga ini, disalurkan melalui gearbox 8-percepatan dual clutch transmission ke empat rodanya alias AWD.

Ferrari SF90 Spider


Kabin yang Canggih

Menjejalkan diri ke dalam kabin supercar memang sedikit "ribet". Kabin terasa padat dan juga compact. Namun di SF90 Spider ini, meski kabinnya padat, auranya bikin betah dan tampak serba canggih.

Ketika dalam keadaan mobil mati, kabin terasa senyap dan juga gelap. Apalagi, karena SF90 Spider ini tak banyak menggunakan tombol fisik dan digantikan dengan panel sentuh. Membuatnya ketika dalam keadaan mati jadi hitam total.

Namun ketika kontak dinyalakan, cahaya dari panel sentuh hingga layar instrumen klusternya yang melengkung, benar-benar memanjakan mata.

Ferrari SF90 Spider


Menariknya, aura kabin ini tampak sangat bersahabat dan jauh dari kata intimidatif. Meski banyak yang bisa diatur dan bisa dimainkan, tapi hadirnya panel sentuh yang menggantikan tombol fisik, ternyata sukses bikin pikiran menjadi lebih tenang dan merasa semua "under control".

Kini tak ada lagi "engine start-stop" yang perlu dipencet atau digeser, karena sekadar sentuhan lembut dari jari pun dapat membangunkan monster di balik Ferrari SF90 Spider ini. Kecanggihan kabin SF90 Spider ini jelas membuat pengalaman berkendara yang lebih kekinian dan menyenangkan.

 

Sumber : detik.com