Bukan Listrik, Hyundai Siap Hadirkan Truk Bertenaga Hidrogen

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 31 Jul 2021, 09:16:32 WIB | dibaca : 103 pembacaOtomotif

Bukan Listrik, Hyundai Siap Hadirkan Truk Bertenaga Hidrogen

Hyundai siap hadirkan truk hidrogen. foto/ ist

SEOUL - Hyundai Motor Company siap memperkenalkan truk Kelas 8 bertenaga hidrogen di Amerika Serikat mulai bulan depan.

Seperti dilansir dari Autopro, target awal, mereka ingin setidaknya 30 unit truk XCIENT Fuel Cell berada di California pada 2023. 

Truk Sel Bahan Bakar XCIENT diluncurkan di Swiss tahun lalu dan kini telah mencatat jarak tempuh lebih dari satu juta kilometer hingga saat ini.

Untuk pasar Amerika, Hyundai menghadirkan model XCIENT Fuel Cell Class 8 dengan konfigurasi 6x4, mampu menarik beban hingga 37 ton dan mampu menempuh jarak sejauh 800 km.

Selain itu, Hyundai juga telah mengembangkan stasiun pengisian bahan bakar hidrogen berkapasitas tinggi yang berlokasi di Oakland yang dapat menampung hingga 50 truk.

Untuk mendukung inisiatif ini, Hyundai juga menerima hibah USD 22 juta dari Dewan Sumber Daya Udara California dan Komisi Energi California, serta hibah tambahan USD7 juta dari Komisi Transportasi Kabupaten Alameda, serta Manajemen Kualitas Udara Bay Area. Daerah.

Hingga saat ini, Hyundai telah mendistribusikan sekitar 46 unit truk sel bahan bakar hidrogen kepada pelanggan di Eropa, dan berencana untuk meningkatkan jumlah tersebut menjadi 1.600 unit pada tahun 2025.

Menurut perkiraan, 46 unit pertama truk hidrogen dikatakan telah berhasil mengurangi sekitar 630 ton emisi CO2 ke atmosfer.

 

Sumber : sindonews.com