Bubur Sumsum Vs Bubur Kacang Hijau, Lebih Tinggi Mana Kalorinya?

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 19 Agu 2019, 09:57:06 WIB | dibaca : 51 pembacaKesehatan

Bubur Sumsum Vs Bubur Kacang Hijau, Lebih Tinggi Mana Kalorinya?

Bubur kacang hijau (Foto: iStock)

Jakarta - Berbagai jenis bubur kerap menjadi pilihan menu sarapan atau camilan. Bubur sumsum dan kacang hijau termasuk dua jenis yang jadi favorit masyarakat.

Ahli gizi Rachel Olsen lebih menganjurkan bubur kacang hijau. Bagi yang lebih suka bubur sumsum tentu tak masalah, namun ada yang harus dilakukan supaya tetap sehat.

"Kandungan bubur sumsum minim serat, artinya harus diimbangi asupan lain untuk mencukup kebutuhan nutrisi. Misal dengan makan cukup sayur dan buah. Selain itu, cukup makan 1 mangkok bubur sumsum dalam sehari," kata Rachel.

Bubur sumsum yang terbuat dari tepung beras mengandung 2,3 gram serat untuk komsumsi satu mangkuk. Komsumsi bubur sumsum setara 260 gram tersebut mengandung 26 gram gula. Artinya, makan dua mangkuk bubur susum sama dengan mengonsumsi 52 gram bula.

"Konsumsi 52 gram gula lebih dari rekomendasi Kemenkes 50 gran per hari. Jika sudah makan bubur sumsum, jangan lagi konsumsi gula atau berhari-hatilah saat makan," ujar Rachel.

Asupan bubur sumsum juga harus diselang-seling dengan makanan lain yang kaya nutrisi. Hal ini menjamin kecukupan dan kelengkapan konsumsi nutrisi per hari.

 

Sumber : detik.com