Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bekasi Jawa Barat

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Dasar Hukum

Susunan organisasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun  2008

VISI DAN MISI

VISI DAN MISI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

A. VISI

Setiap organisasi harus selalu mempunyai pandangan ke depan agar dalam bekerja tetap konsisten dan eksis, antisipatif, inovatif serta proaktif.
Penetapan visi sebagai bagian dari perencanaan strategis merupakan suatu langkah penting dalam perjalanan suatu organisasi. Visi tidak hanya penting pada waktu mulai berkarya, tetapi juga pada kehidupan organisasi itu selanjutnya. Kehidupan organisasi sangat dipengaruhi oleh lingkungan internal dan eksternal. Oleh karena itu, visi organisasi harus menyesuaikan dengan perubahan tersebut.

Untuk menumbuhkan komitmen seluruh jajaran dalam memberikan dukungan yang prima, rumusan visi diharapkan dapat menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Dengan demikian visi menggambarkan sesuatu keadaan harapan di masa mendatang, dengan memperhatikan serta mempertimbangkan permasalahan-permasalahan yang kompleks dan aktual yang akan dihadapi.
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bekasi sebagai Unit Pelaksana Teknis dengan kewenangan dibidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah menetapkan visi sebagai pedoman atau panduan, yaitu : “Tertib  Administrasi Kependudukan untuk Menciptakan Masyarakat yang berkualitas”.

Penjelasan dari makna visi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bekasi, sebagai berikut :

  1. Adapun yang dimaksud dengan “Tertib“ adalah suatu kegiatan yang tata urutannya jelas, tegas dan berkesinambungan sesuai dangan kaidah – kaidah yang berlaku. Tertib yang diharapkan meliputi persyaratan, penggunaan/pemakaian dan kepemilikan serta pelaksanaannya dari dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil tersebut.
  2. Selanjutnya “ Berkualitas “ adalah hasil pelayanan cepat, tepat dalam  proses penyelesaiannya yang kita kenal dangan Pelayanan Prima.

B. MISI

Untuk mewujudkan tercapainya visi yang telah ditetapkan, setiap organisasi harus mempunyai misi yang jelas. Misi merupakan pernyataan yang menetapkan tujuan organisasi dan sasaran yang ingin dicapai. Pernyataan misi membawa organisasi kepada suatu fokus.
Misi menjelaskan mengapa organisasi itu ada, apa yang dilakukan dan bagaimana melakukannya. Misi adalah sesuatu yang harus diemban dan dilaksanakan sesuai visi agar tujuan organisasi dapat dicapai dengan baik melalui pernyataan misi diharapkan agar seluruh program dan institusi yang berkepentingan mempunyai acuan yang jelas terhadap hasil yang diharapkan dimasa mendatang.
Untuk mewujudkan visi sebagaimana tersebut diatas maka misi yang telah ditetapkan adalah, “Mewujudkan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dalam Bidang Pelayanan Administrasi Kependudukan”.

TUPOKSI

TUPOKSI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KAB. BEKASI :

1. Tugas Pokok

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai tugas pokok melaksanakan kewenangan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil.

2. Fungsi

Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  mempunyai  fungsi :

  1. perumusan kebijakan teknis bidang Kependudukan dan Catatan Sipil yang meliputi bidang Kependudukan, Pencatatan Sipil serta Data dan Evaluasi;
  2. penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah dan pelayanan umum bidang Kependudukan dan Catatan Sipil yang meliputi bidang Kependudukan, Pencatatan Sipil serta Data dan Evaluasi;
  3. pembinaan pelaksanaan tugas dan evaluasi bidang Kependudukan dan Catatan Sipil yang meliputi bidang Kependudukan, Pencatatan Sipil serta Data dan Evaluasi;
  4. penyelenggaraan administrasi kesekretariatan;
  5. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Sumber : disdukcapil.bekasikab.go.id