IB - Ilmu Berbagi

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sejarah

Pada tahun 2009, Ardisragen menginisiasi gerakan berbagi dengan tagar #ilmuberbagi melalui blognya ardisragen.net dan kicauannya di media sosial. Maksud dari gerakan imu berbagi adalah untuk belajar berbagi, mulai dari apa yang dimiliki baik itu ilmu pengetahuan, uang, waktu dan lain sebagainya dengan harapan dapat berbagi secara berkelanjutan hingga berbuah amal yang bermanfaat bagi kebaikan dan kemaslahatan orang banyak.

Organisasi

Pada tahun 2014, seluruh sobat Komunitas Ilmu Berbagi sepakat untuk memiliki sebuah organisasi legal yang mewadahi Komunitas Ilmu Berbagi dalam Berbagi Berkelanjutan melalui berbagai program dan layanan (khususnya di bidang pendidikan) baik secara online maupun offline. Setelah melalui berbagai proses, maka Sejak 20 Mei 2014, Organisasi non-profit Ilmu Berbagi Foundation resmi terbentuk berdasarkan akta notaris dan legalitas Kementerian Hukum dan HAM nomor AHU-01963.50.10.2014. Saat ini Sekretariat Ilmu Berbagi Foundation berada di Rumah Komunitas IBF di Jalan Pandega Siwi no.14b, Kaliurang KM 5,6 Sleman Jogjakarta.

Kegiatan

Ilmu Berbagi Foundation, sebagai Wadah Sobat Komunitas Ilmu Berbagi untuk dapat Berbagi Berkelanjutan, merancang berbagai program dan layanan baik online maupun offline dengan harapan dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Saat ini Ilmu Berbagi Foundation memiliki 3 buah Program yakni Program Kegiatan Online, Program Kegiatan Offline dan Beasiswa. Program Kegiatan Online terdiri dari program "Berbagi Tulisan, Berbagi Video, Berbagi Buku, IB Webinar dan IB Mengudara, sedangkan Program Kegiatan Offline terdiri dari Pelatihan Gratis, Kegiatan Berbagi & Diskusi Ilmu Tematik, IB Goes to School, dan IB Academy. Untuk Program Beasiswa terdiri dari Beastudi Ilmu Berbagi dan Ilmu Berbagi Campus Heroes. Berbagai program tersebut didukung dengan beberapa layanan yang dikembangkan oleh Ilmu Berbagi Foundation, yang terdiri dari Rumah Komunitas, Aplikasi Quote Berbagi, Market/Toko Online, Jurnal Online, Direktori Sobat Komunitas, dan Portal Mitra Komunitas Ilmu Berbagi. Setelah berjalan beberapa tahun, Ilmu Berbagi kini memiliki berbagai komunitas, yakni Sobat Komunitas Ilmu Berbagi, Penerima Beastudi Ilmu Berbagi, Alumni Beastudi Ilmu Berbagi, Alumni Pelatihan Gratis, Peserta IB Campus Heroes, dan Mitra Komunitas Ilmu Berbagi Foundation. Ilmu Berbagi Foundation senantiasa berharap untuk terus dapat berkolaborasi dengan semua pihak dalam melaksanakan program dan layanan sehingga dapat saling memberikan dukungan baik secara langsung maupun tidak langsung dalam gerakan perubahan, berbagi berkelanjutan kepada masyarakat.

 

Sumber: ilmuberbagi.or.id


Layanan - IB - Ilmu Berbagi

Layanan Publik - Instansi