IOC - Islamic Otaku Community

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sejarah Berdirinya Islamic Otaku Community



Ketika orang lain berbicara panjang tentang pengalamannya yang berharga atau berkesan dalam hidup, terkadang aku merasa bingung. karena tidak tahu akan menceritakan apa. sepertinya hidupku berjalan dengan gitu-gitu aja .

Mimpi? aku juga punya hal semacam itu. tapi  untuk meraihnya aku hanya lebih suka dengan caraku sendiri. entah kenapa aku merasa mungkin aku adalah satu-satunya manusia yang merasa tidak ada gunanya mengikuti pelatihan kepemimpinan atau training motivation. karena semangat yang aku dapat dari acara-acara seperti itu hanya sesaat . aku bisa menemukan cara sendiri untuk memotivasi diriku . bukannya sombong, tapi aku rasa tidak ada manusia yang lebih memahami dirinya kecuali dirinya sendiri .

“setelah mimpi panjang tiada akhir di dunia sepi hingga pikiran bersemangat, kelihatannya akan kalah . tapi , kepak sayap tiada kabarnya hanya berkhayal pasti kan bisa terbang” .

Kalian pasti tahu penggalan lirik original soundtrack salah satu anime yang muncul di era 90an setiap hari minggu ini. anime ini yang selalu menginspirasi ku setiap ingin melakukan sesuatu yang terlihat mustahil. terus mengepakkan sayap meski tahu bahwa tak mungkin bisa terbang. tapi tetaplah percaya bahwa setiap mimpi panjang pasti tiada akhir. kau hanya perlu terus melangkah. hingga tanpa kau sadari sayapmu telah berhasil membawamu ke angkasa.

Aku akan bercerita tentang mimpi itu. mimpi mendirikan sebuah komunitas jepang yang di khususkan untuk pemuda muslim. komunitas kecil yang berawal dari ide 2 orang manusia yang dipertemukan dalam satu kampus. lalu kemudian disatukan dalam satu asrama, dan dikuatkan dengan satu ranjang atas bawah.

Malam itu aku bercerita tentang mimpi mendirikan sebuah komunitas otaku untuk orang-orang seperti aku dan jek. tapi sepertinya memang berat karna ini seperti memadukan kekuatan yin dan yang, air dan api , hitam dan putih. mustahil . lalu teman sekamar ini berusaha meyakinkan ku dan malam itu kita bicara tentang mimpi. mimpi untuk membentuk komunitas yang kelak akan melahirkan generasi-generasi yang mencintai hobby dan tetap taat kepada Allah dan rasul-Nya . komunitas itu kami beri nama Islamic Otaku Community.

Pada awalnya aku hanya bisa merekrut 2 orang terdekatku. dia adalah teman se-asrama yang bernama . aa..mmm.. sebut saja jack *nama disamarkan . dan satu lagi seorang perempuan yang kelak menjadi kapten IOC chapter jawa timur .

Dengan hanya bertiga kami membuat grup whats app. buat aja dulu. yang penting ada dulu . akhirnya berbulan-bulan kosong tanpa percakapan. hening . kosong. lalu tiba-tiba aku memasukkan satu member wanita lagi. bernama hana . tapi bertambahnya anggota ini tidak membuat pergerakkan semangat yang signifikan. tetap gitu-gitu aja hening .

Lalu aku berpikir ,“apa kabarnya mimpi panjang tiada akhir itu? sebatas ini sajakah?” . aku harus melakukan sesuatu untuk mendobrak semangat dan mimpi-mimpi itu.
lalu aku berinisiatif untuk bertanya ke semua kontak di whatsapp. pertanyaan yang konyol sih . “hey kamu suka nonton anime ngga?” . ada yang cuma nge-read. ada yang balas “apaan sih lu” . ya Allah.. aku kan cuma nanya :| .

Akhirnya diantara banyaknya kontak yang aku tanyakan seperti itu ada juga satu yang menjawab . dia sebenarnya ngga menjawab pertanyaanku sama sekali sih. tapi dia memberikan jawaban yang sangat membantu dan aku sangat berterima kasih ke perempuan ini. perempuan yang kelak menjadi cosplayer angewomon hijab version pertama di dunia cosplayer . Tau kan siapa?!

Kita lihat apa jawabannya .“yahh kak maaf nih aku ngga terlalu paham yang kayak gitu-gitu. tapi aku punya banyak teman yang tertarik sepertinya” . Dari situlah mulai berdatangan member demi member. mereka semua orang awam yang ngga tau anime apaan sih? otaku apaan sih?. but show must go on! Jika mereka tidak paham, aku hanya perlu menanamkan mimpi ini ke dalam kepala mereka.

Sampai akhirnya grup mulai ramai dengan obrolan tentang mimpi panjang tiada akhir itu.
Tibalah bulan mei. dibulan ini ada serentetan event besar di jakarta mulai dari ennichisai , jak japan matsuri , popcon asia dan event-event skala kecil lainnya . dari awal-awal membangun IOC aku terbiasa untuk mengajak orang dari event ke event sendirian. iya seperti orang aneh atau lebih tepatnya penjahat mungkin .

Aku pun menghadiri event bergengsi ini bersama teman-teman dari komunitas jepang lainnya. tepat di foodcourt blok m square . aku bertemu dengan perempuan berjilbab lebar sampai menutupi lengannya dan menggunakan bandana neko . dia yang kelak menjadi admin para admin dan rela membagi waktunya untuk IOC meski saya tau orang ini aktifis dengan segudang agenda. tapi dia masih bersedia meluangkan waktu untuk IOC . dan dengannya saya sangat berterima kasih . meski kesan pertama pertemuan saat itu agak tidak baik. karena aku disangka orang jahat yang mau menawarkan aliran sesat mungkin haha . pada awalnya dia menolak untuk bergabung dengan IOC . tapi alhamdulillah.. lagi-lagi aku bisa meyakinkannya tentang mimpi panjang tiada akhir itu. dan dia pun bersedia bergabung dengan kami .

Disitu event di jakarta selesai . beberapa bulan kemudian , aku bertandang ke event pakuan bogor. karena kebetulan aku memiliki seorang sahabat disitu. datang bersama salah satu member perempuan dari bogor. alhamdulillah baik hati sekali member ini bersedia menemaniku untuk menyebarkan IOC di bogor. dia adalah runa *nama disamarkan. kami pun mulai mencari mangsa setiba disana. dan disanalah aku bertemu 3 orang member IOC yang salah satunya kelak akan menjadi kapten IOC chapter bogor. seneng siih.. tapi seperti orang-orang pada umumnya ketika pertama kali ku tawarkan tentang IOC . “apaan sih nih?”  .  tapi yaudahlah yaa .mereka terlihat tidak tertarik sama sekali.. tapi..mimpi harus tetap berjalan. alhamdulillah malamnya ternyata salah satu perempuan diantara mereka bergabung dalam grup.
 :).
Hari berganti hari.. musim berganti musim komunitas ini semakin hari semakin berkembang. saatnya kami datang ke event akbar yang bertempat diparkir timur senayan. Jak-Japan Matsuri . Disini lah langkah awal IOC mulai berani muncul di event jepang dengan personilnya para cosplayer hijab . dengan sedikit persiapan , IOC siap melancarkan aksi brain wash ke setiap wanita berhijab yang datang ke event itu. hahah. banya juga yang kita ajak untuk bergabung. salah satunya adalah mba sindiyanti. salah satu hijab cosplayer yang namanya udah bisa dibilang famous lah .

Disini juga ada sesuatu yang spesial . karena di event inilah aku bertemu dua orang saudara . yang salah satunya kelak menjadi sensei bahasa jepang di IOC 1. Sayap yang tidak bisa terbang meski terus ku kepakkan mulai terbuka lebar membentang . kami siap terbang dan menjelajahi langit itu.

Tibalah dimana saat project pertama kami ditampilkan ke publik . angewomon hijab version siap mengepakkan sayapnya di  Hellofest . dari situ kami mulai merasa percaya diri untuk melangkah. berani untuk terbang dan menembus batas impian . mimpi panjang tiada akhir takkan terasa panjang jika melaluinya bersama-sama dengan teman-temanmu .

Sekarang komunitas yang awalnya hanya mimpi kosong yang terlihat mustahil itu sudah melebarkan sayapnya sampai ke luar negri . tanpa terasa kami sudah hampir satu tahun menjalaninya dengan penuh suka dan duka bersama. aku masih merasa seperti mimpi ketika melihat semua teman-teman yang begitu senang berada dalam rumah ini. rumah yang dibangun susah payah dan kerja keras . alhamdulillah semakin berkembang.

Terkadang saya pun bingung bagaimana cara mengucapkan terima kasih kepada semua member yang sudah membantu dan berada disampingku ketika aku membutuhkan kekuatan untuk terbang. aku merasa belum bisa menjadi kaichou yang baik untuk kalian. aku terkadang terlihat judes, galak , dan jutek . tapi sebenarnya jika ditanya siapa yang paling besar mencintai komunitas ini . maka aku berani menjawab “akulah orang yang paling besar rasa cintanya untuk IOC” . hanya saja aku tidak tahu bagaimana cara mengekspresikannya ataupun menunjukkannya . hanya bisa dengan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya untuk mau bersamaku dalam menlalui mimpi panjang tiada akhir ini.
sekian.

Selamat ulang tahun Islamic Otaku Community yang pertama. untuk semua member terima kasih telah menjadi bagian dari keluarga ini. semoga persahabatan kita tetap di jaga hingga ke surga nanti .Amiinn

Sekilas Tentang Islamic Otaku Community

Seiring berkembangnya zaman dan era globalisasi, kita dapat melihat perubahan-perubahan gaya hidup dan budaya yang terjadi di tengah remaja indonesia sangat signifikan. Dan yang paling menonjol terlihat ada gelombang budaya Japan dan Korea yang booming di kalangan remaja indonesia.

Korean dengan K-Pop dan dramanya, jepang dengan anime dan Manga (komik). Tentu saja sasaran 2 invasi kebudayaan ini sangat mempengaruhi remaja2 indonesia tak terkecuali yang muslim. Dan telah kita ketahui bersama bahwa pembabatan dalam budaya dan gaya hidup sama sekali tidak bertentangan dengan agama selama masih ada maslahat dan manfaat yang bisa diambil darinya.

Akan tetapi seiring berkembangnya zaman, remaja2 kita khususnya muslim menjadi tidak terkendali dengan hobby , dan Otaku-nya. Karena tidak diragukan lagi bahwa anime dan manga sudah sangat mengakar di indonesia dan dalam kepribadian dan gaya hidup remaja indonesia, mereka tidak bisa membendung arus globalisasi ini, lalu apa yang harus dilakukan oleh remaja2 muslim seperti kita?

Apakah kita juga harus berbaur dengan komunitas2 jepang yang sudah ada ?

Komunitas2 jepang yang dari segi kepribadian terlihat hedonis?!

Lalu mau kami kemanakan pribadi muslim kami? .

Haruskah kami membuang identitas kami sebagai muslim hanya untuk bisa berbaur dengan komunitas otaku lainnya?

Sepertinya tidak mungkin.. Karena melihat komunitas-komunitas jepang yang agak hedonis, kami merasa terkesampingkan. Di sisi lain kami ingin menekuni hobby kami, lewat menggambar manga , cosplay dan lain-lain. Tapi di sisi lain kami juga ingin mempertahankan pribadi muslim kami.

Islamic Otaku Community, hadir di tengah-tengah kebimbangan remaja muslim otaku seperti ini ~
Remaja2 muslim yang berada di persimpangan jalan antara menjadi pribadi muslim yang baik atau menjadi otaku seutuhnya. Hehe.. IOC menggabungkan keduanya. Kita tidak perlu meninggalkan pribadi muslim kita untuk menjadi otaku, atau pun sebaliknya.

Era pemuda indonesia saat ini dikenal dengan Generasi Gelombang Ketiga . Yang di antara ciri-cirinya adalah dakwah kreatif.

Keberadaan J-pop , anime, dan manga, bisa kita manfaatkan menjadi syi’ar islam. Bagaimana cara kita mengubah senjata musuh-musuh islam menjadi amunisi kita . Karena tidak selamanya syiar islam itu harus selalu dari balik mimbar, atau dari masjid ke masjid.

Islamic otaku community lewat beberapa progress mereka ingin menjadikan hijab cosplay, islamic manga,muslim japanese style sebagai trendsetter fashion dan life style remaja muslim di indonesia .
Kita bisa melihat bagaimana investasi amal jariyah yang kita hasilkan apabila japanese style,komik islamy dll yang sekarang sedang booming di tengah remaja indonesia bisa kita modifikasi dan menjadikannya lebih syar’i .

Di antara progress jangka panjang IOC adalah ingin mempuyai boutique,yang menjual costume-costume cosplay, J-style, harajuku dalam mode syar’i . Karena IOC tidak hanya bergerak dibidang cosplay, kami pun punya progress ke depan untuk membuat islamic manga club yang saat ini sedang digarap projectnya.
Selain itu untuk progress jangka panjangnya, kita ingin membangun sekolah hobby untuk para otaku. Karena memang sebenarnya makna dari otaku adalah bukan hanya kita menyukai anime,manga,J-music dll akan tetapi otaku adalah bagaimana cara kita mencintai hobby kita dengan sepenuh hati dan serius ingin mengembangkan diri ke arah yang positif lewat hobby-hobby itu .

Sederhana saja..dengan hadirnya IOC Kami ingin membuktikan bahwa islam adalah agama yang syaamil (universal) . Islam adalah agama yang diturunkan untuk bisa memasuki ke setiap lapisan masyarakat .lewat Ekonomi,kesehatan,politik,hobby, kesenian dan lain2.

Pada tanggal 23 november kemaren Islamic Otaku Community menghadiri salah satu event bergengsi (Hellofest) yang dilaksanakan di istora senayan. Hadir sebagai peserta yang meramaikan acara ini dengan hijab cosplay hasil garapan project IOC sendiri

Dari anime digimon adventure (angewomon). Dan kita melihat apresiasi masyarakat yang sangat mendukung dengan testimoni mereka yang mengatakan “unik” , “kreatif” dan lain sebagainya.

Bukti bahwa kami bisa membantah tuduhan orang yang mengatakan bahwa hijab membatasi pergerakan para muslimah. Kami membuktikan bahwa dengan hijab cosplay islamic otaku community , kami tetap kreativ, dan insya Allah tetap dalam koridor syar’i.

 

Sumber: islamicotaku.com


Layanan - IOC - Islamic Otaku Community

Layanan Publik - Instansi