Yoka - PT. Yodya Karya (Persero)

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Tentang Perusahaan

Visi

Menjadi Perusahaan Jasa Konsultan Terpercaya dan Jasa Properti Terpilih

Misi

  • Menjadikan Perusahaan sebagai mitra terpercaya dengan layanan produk inovatif  dan proses berkualitas, tepat waktu, tepat mutu, tepat biaya, tertib administrasi  serta tidak adanya kecelakaan kerja.
  • Menjadikan Perusahaan sebagai mitra pilihan dengan pengelolaan usaha yang efesien dan kompetitif.
  • Mengeksistensikan perusahaan sebagai penggerak dan pelopor di Industri Jasa Konstruksi dan Non-Konstruksi serta Jasa Properti.
  • Meningkatkan Nilai Perusahaan dan pemangku kepentingan serta mendorong pengembangan ekonomi Nasional.

Maksud & Tujuan

PT Yodya Karya (Persero) sebagai perusahaan yang bergerak di bidang layanan jasa konsultasi konstruksi dan jasa konsultasi non konstruksi, adalah untuk ikut berpartisipasi dalam program pemerintah, khususnya dalam pembangunan ekonomi nasional, dengan cara membina dan mengembangkan perseroan atas dasar prisip-prinsip ekonomi yang sehat dan rasional.

Budaya Perusahaan

Guna memupuk budaya perusahaan dan suasana kerja kondusif dalam rangka meningkatkan motivasi kerja seluruh pegawai, ada 7 (tujuh) nilai-nilai budaya yang dikembangkan, yaitu:

  • PROFESIONAL, memiliki kompetensi serta bekerja secara efisien dan efektif sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya
  • REALIBILITY, handal dalam menghadapi dan menyelesaikan setiap permasalahan.
  • EMPOWERMENT, Pemberdayaan potensi SDM yang dimiliki oleh perusahaan.
  • SINERGY, semangat dalam mengutamakan kebersamaan, saling mengasihi, saling mengingatkan, dan saling menghormati.
  • INTEGRITY, jujur serta menjunjung tinggi komitmen dan etika profesi.
  • SUSTAINABILITY, semangat dalam menjaga nama baik dan keberlangsungan hidup perusahaan.
  • INOVATION, semangat untuk senantiasa melakukan terobosan dan penciptaan karya baru (produk, proses, dan sistem)

berdasarkan nilai-nilai budaya tersebut, maka :
SEMBOYAN / SLOGAN PERUSAHAAN, adalah "PRESISI"
Dengan semboyan/slogan tersebut diharapkan perusahaan terus tumbuh dan berkembang sejalan dengan Visi dan Misi

Kegiatan Usaha

  • Layanan Jasa Konsultasi
  1. Pengembangan sumber daya air antara lain bendungan, irigasi, irigasi lahan gambut, sungai, rawa, pantai;
  2. Pengembangan lingkungan antara lain daerah, perkotaan pedesaan, kawasan pemukiman kembali (resettlement) dan transmigrasi;
  3. Prasarana perhubungan antara lain jalan darat dan air serta jalan tol, jembatan, pelabuhan, lapangan terbang dan terminal.
  4. Bangunan antara lain gedung kantor, pabrik, hotel, olahraga rekreasi, pariwisata, pendidikan, utilitas dan perumahan;
  5. Prasarana industri antara lain penyediaan air baku, pengolahan limbah industri, fasilitas industri dan telekomunikasi;
  6. Pertanian antara lain perkebunan, perikanan dan peternakan serta kehutanan;
  7. Tenaga listrik antara lain pembangkitan, jaringan transmisi dan distribusi;
  8. Pengembangan institusi / kelembagaan dan sumber daya manusia;
  9. Penyediaan tanah matang dan mendirikan bangunan untuk dijual dan disewakan.
  • Penyelenggara pendidikan dan pelatihan.
  • Layanan Jasa Penelitian dan Pengembangan.
  • Melaksanakan pengembangan kawasan, rancang bangun dan perekayasaan, produksi, penjualan, penyerahan, pabrikan, jasa keagenan, distribusi dan pemeliharaan dalam bidang-bidang yang berhubungan dengan jasa konsultansi yang disebut diatas.
  • Pengembangan institusi/kelembagaan dan sumber daya manusia.
  • Melaksanakan jasa informasi yang meliputi sistem informasi manajemen dan pengolahan data komputer serta teknologi informasi.
  • Melaksanakan jasa manajemen yang meliputi:
  1. Manajemen keuangan;
  2. Manajemen sumber daya manusia;
  3. Manajemen perasuransian;
  4. Manajemen perpajakan;
  5. Manajemen alih teknologi;
  6. Manajemen audit teknik;

Mengusahakan nilai tambah untuk peningkatan dan pemanfaatan aset berupa lahan-lahan, peningkatan nilai guna air yang strategis dan sarana perhubungan dan lain-lain dalam bentuk penyewaan atau penjualan properti.
Penyediaan tanah matang dan mendirikan bangunan untuk dijual dan disewakan.
Usaha-usaha lain yang dianggap perlu yang dapat menunjang tercapainya tujuan perseroan yang meliputi hubungan dengan usaha utama, usaha penunjang dan usaha lain.

Melaksanakan pekerjaan pemberian layanan jasa konsultansi dalam arti kata yang seluas-luasnya yang antara lain pekerjaan identifikasi, survei dan investigasi (termasuk pemetaan udara untuk darat dan laut, topografi, geografi, hidrografi, penginderaan jauh dan sebagainya serta penyelidikan tehnik geologi, hidrologi, hidrolika dan sebagainya), studi (termasuk studi makro, studi detail, analisa mengenai dampak lingkungan dan sebagainya), perencanaan / planning, perencanaan / desain dan persiapan / pengawasan / pengelolaan / manajemen untuk konstruksi / pelaksanaan / proyek, dalam bidang :

Manajemen produksi dan distribusi serta mengopersikan dan pemeliharaan

Bidang-bidang kegiatan usaha ini akan tetap terus dikembangkan dan untuk penanganan dalam mengembangkan usaha utama ini sangat tergantung kompetensi sumber daya manusia, wadah serta sistem informasi yang dapat mengadopsi usaha pengembangan tersebut, pengembangan jaringan yang berkaitan dengan kemampuan penetrasi pasar dan bidang- bidang yang berkaitan dengan bidang usaha utama maupun usaha yang dapat menunjang kegitan usaha utama.

Sejarah Perusahaan

57 tahun Membangun Bangsa Dari Cikini Sampai Cawang

cikinicawang

PT Yodya Karya (Persero) merupakan perusahaan konsultan perencana badan usaha milik negara (BUMN), hasil dari nasionalisasi perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultansi untuk pekerjaan perencanaan dan pengawasan bangunan gedung. Didirikan pada tahun 1948 oleh Mr. Sprey, seorang berkebangsaan Belanda dan berkantor di Jalan Cikini Raya No. 1 - Jakarta Pusat.

Pada tanggal 16 April 1958, berdasarkan PP No. 23 tahun 1958, N.V. Job & Sprey dinasionalisasikan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Kemudian dikukuhkan dengan PP No. 39 tahun 1970 menjadi Perusahaan Negara, yaitu dengan nama resmi P.N. Yodya Karya. Empat belas tahun kemudian, tepatnya tahun 1972, perusahaan tersebut berubah menjadi perusahaan perseroan (PT) yang dikukuhkan dengan Akte Notaris Djojo Muljadi, SH No. 62 Tanggal 15 Maret 1972. Langkah ini diambil dengan tujuan untuk lebih mengembangkan diri dalam berkarya di bidang jasa konsultan perencanaan.

PT Yodya Karya (Persero) memulai usahanya dengan modal kerja Rp. 12.000.000 (dua belas juta rupiah). Pemegang saham tunggal perusahaan ini adalah Departemen Keuangan Republik Indonesia dengan penasehat teknis Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia. Bertepatan dengan itu, diangkat Ir. Machmud Ali sebagai Direktur Utama menggantikan Prof. Dr. Ir. R. Roosseno (Direktur Utama PN Yodya Karya).

Di bawah kepemimpinan Ir. Machmud Ali, PT Yodya Karya (Persero) semakin berkembang dan berhasil menambahkan aset perusahaan berupa sebidang tanah dan didirikan kantor perusahaan di Jalan D.I. Panjaitan Kav. 8, Cawang - Jakarta Timur. Roda perjalanan perusahaan menunjukkan kemajuan dari waktu ke waktu. Mulai dari kepemimpinan Ir. Machmud Ali, Ir. Wonargo Martowirono (1991), Ir. Soebianto Imam Rahayu (1996), Aries Sirait SE. MBA (2002) Ir. Muhammad Basir, MM (2014).

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 41, tahun 2003, tentang Pelimpahan Kedudukan , Tugas dan Kewenangan Menteri Keuangan pada Perusahaan Perseroan (Persero), Perusahaan Umum (Perum) dan Perusahaan Jawatan (Perjan), maka sejak tanggal 14 Juli 2003 PT Yodya Karya (Persero) pengelolaannya dilimpahkan kepada Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara.

Pada tahun 2014 Menteri BUMN menunjuk / mengangkat Ir. Colbert Thomas Pangaribuan, MM sebagai Direktur Utama PT Yodya Karya (Persero) dibantu oleh Jusarwanto, SE, Ak. sebagai Direktur I dan Ir. Mohammad Ali Khairudin, Sp1 sebagai Direktur II , berdasarkan Surat Keputusan Meneg BUMN No. KEP-129/MBU/2008 tanggal 24 Juni 2008, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Yodya Karya dan Keputusan menteri BUMN no. Kep-190/MBU/2014 tanggal 22 September 2014 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Direktur Utama PT Yodya Karya (Persero).

Di bawah kepemimpinan Ir. Colbert Thomas Pangaribuan, MM, perusahaan tetap mengembangkan bidang usaha Jasa Konsultansi untuk pekerjaan mulai Survei, Perancangan dan Perencanaan, Manajemen Proyek, Manajemen Konstruksi, Pengawasan/ Perencanaan pada Bidang Engineering maupun Bidang Jasa Non Konstruksi.

Gerak langkah PT Yodya Karya (Persero) tidak berhenti disitu saja. Sejak tahun 1980 perusahaan memutuskan untuk mengembangkan bidang usahanya pada bidangbidang enjiniring yang wawasannya lebih luas. Dengan pengelolaan yang professional dari pihak manajemen serta didukung penuh oleh tenaga ahli yang handal, PT yodya Karya (Persrero) menjadi salah satu perusahaan jasa konsultan yang cukup dikenal dan berkualitas di bidang: Pembangkit Listrik Tenaga Air, Jaringan Transmisi dan Distribusi Listrik, Jalan Raya, Jalan Toll, Jembatan, Lapangan Terbang, Pelabuhan Laut beserta prasarananya, Jalan Kereta Api, Pencetakan Sawah dan Irigasi Pertanian serta Irigasi lainnya, Pengembangan daerah rawa, tambak beserta prasarananya, Perencanaan Pengembangan Kota, Wilayah dan Daerah, Pengembangan Prasarana Kota dan Pedesaan (Air Bersih, Drainase, Limbah, Sampah, Jalan Kota / Desa, Prasarana Pemukiman dan Pasar), Pengembangan Kawasan Pemukiman dan Rekreasi, Analisa mengenai dampak lingkungan, Pelatihan Lapangan dan Laboratorium untuk MekanikaTanah, beton dan geoteknik, Penelitian dan Pengembangan Teknologi, Konsultansi Bidang Industri Jasa Konstruksi dan Quality Assurance.

Kemajuan perusahaan selama ini didukung oleh Kondisi hubungan kerja yang baik dengan sejumlah Pemberi Tugas, disertai dengan pelayanan teknis dan administratif yang profesional. Hal ini tampak dengan semakin dipercayanya PT. Yodya Karya (Persero) menangani proyek-proyek monumental, baik proyek-proyek-proyek pemerintah maupun proyek-proyek swasta.

Dalam melaksanakan tugasnya, perusahaan bekerja sendiri maupun bekerjasama dengan perusahaan asing, apakah itu sebagai "leading firm" maupun sebagai "associated firm". Pekerjaan yang ditangani diantaranya di bidang Tata Kota dan Sanitasi, Bangunan Kantor dan Industri, Daya dan Energi Listrik, Irigasi dan Pelabuhan.

Dalam kerjasamanya dengan Konsultan Asing PT. Yodya Karya telah bekerjasama dengan perusahaan Asing dalam proyeknya sebagai berikut : Jerman, Belanda, Amerka Serikat, Korea, Australia, Philipina, Hongkong, Swiss, Selandia Baru, Jepang, Perancis, Inggris, Italia dan Denmark

PT Yodya Karya (Persero) terus berkembang dengan tetap berpegang pada core bisnisnya, yaitu Jasa Konsultansi untuk pekerjaan mulai Survei, Perancangan dan Perencanaan, Manajemen Proyek, Manajemen Konstruksi, Pengawasan pada Bidang Engineering maupun Bidang Non Engineering. Didukung pula dengan keberadaaan Tenaga Ahli Profesional dan Peralatan yang mengikuti perkembangan Teknologi serta berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan memuaskan serta dapat dapat dipertanggung jawabkan.

 

Sumber : yoka.co.id


Layanan - Yoka - PT. Yodya Karya (Persero)

Layanan Publik - Instansi