YRE - Yayasan Rumah Energi

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Tentang YRE

Pengantar

Meskipun pembangunan ekonomi di Indonesia terbilangsehat, kemiskinan masih kita jumpai. Subsidi BBM dan program-program subsidi lainnya masih diperlukanuntuk mendukung kelompok rentan agar mendapatkan makanan dan energi. Perubahan iklim mempengaruhi kelompok rentan diIndonesia dengan bermacam cara negatif. Yayasan Rumah Energi didirikan pada 2012 untuk memberikan respon terhadap kebutuhan akan akses yang lebih baik terhadap makanan dan energi yang terjangkau serta untuk mengatasi penggunaan bahan bakar fosil yang tidak berkelanjutan dan dampak dari perubahan iklim, membantu masyarakat mendapatkan pegangan yang lebih kuat pada sumber daya alam mereka.

Sebuah tim profesional dan berdedikasi yang terdiri dari 50 staf dan bekerja di 9 provinsi di Indonesia memberikan pengawasan dan bimbingan kepada lebih dari 80 organisasi mitra dan bekerja untuk tujuan yang sama: mengembangkan dan mempromosikan energi terbarukan sebagai solusi untuk meningkatkan ketahanan pangan dan energi.

Hanya dalam rentang waktu 2 tahun, Yayasan Rumah Energi telah membuktikan keandalannya kepada donor, pemangku kepentingan dan penerima manfaat serta telah menjadi mitra yang dapat diterima oleh pemerintah Indonesia dan berbagai donor dalam mengatasi masalah akses energi. Tingginya tingkat kepuasan penerima manfaat sebagaimanaterbukti dari hasilsurvei eksternal tahunan serta sistem monitoring dan evaluasi yang kuat dari organisasi telahmemberikan akuntabilitas tingkat tinggi kepada para donor, pemerintah, penerima manfaat dan pemangku kepentingan lainnya. Ambisi utama YRE adalah menjadi aktor kunci dalam pengembangan sektor energi terbarukan di Indonesia.

Tujuan

Memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan perempuan dan laki-laki Indonesia melalui pengenalan, pelaksanaan dan manajemen program di bidang kesejahteraan sosial dan pembangunan manusia (termasuk ketahanan pangan dan energi), perbaikan mata pencaharian dan peningkatan status sosial, ekonomi dan budaya.

Visi

Sebuah dunia dimana semua orang, baik perempuan, laki-laki dan anak-anak mendapatkan akses yang setara pada pangan, air, energi dan kebutuhan dasar manusia lainnya.

Misi

  • Mendukung keluarga-keluarga di Indonesia dengan memfasilitasi dan meningkatkan akses kepada energi baru dan terbarukan serta berkontribusi terhadap peningkatan ketahanan pangan
  • Mendorong kedaulatan Indonesia dalam ketahanan pangan dan energi secara umum

 

Sumber: rumahenergi.org


Layanan - YRE - Yayasan Rumah Energi

Layanan Publik - Instansi