Skholatanpabatas

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

VISI

Pendidikan untuk semua (To Pada Macca)

MISI

Membangun kemandirian

Penguatan diri yang bernuansa lokalitas

Pengembangan diri yang humanis

Sejarah Skholatanpabatas

Embargo Pioneer Study Club disingkat EBG adalah sebuah komunitas belajar yang bergerak di bidang pembelajaran yang didirikan di Makassar pada tanggal 23 Agustus 1990 yang awal pembentukannya digawangi oleh Edy Juspar, Mursalim, Muhammad Subhan, Suriadi dan Mashuri yang menjadi perintis komunitas ini sehingga nama Embargo diambil dari kelima nama personilnya tersebut. Yang kegiatannya dilakukan dalam bentuk belajar kelompok dengan cara berkunjung ke rumah tiap anggotanya dan juga partisipan yang ikut bergabung di komunitas ini.

Kesemua anggota EBG berasal dari sekolah yang sama yakni SMP Negeri 23 Makassar dengan tingkat ekonomi keluarga yang pas-pasan. Terkadang ke sekolah dengan berjalan kaki ataupun bersepeda hanya sesekali saja naik angkutan umum. Karena merasa senasib maka dibentuklah komunitas tersebut. Setelah menyelesaikan studi masing-masing personil, kegiatan komunitas ini lebih difokuskan pada mempererat jalinan silaturahmi setiap anggotanya dengan mengadakan pertemuan secara berkala.

Sempat berganti nama menjadi EURTURI yang berasal dari singkatan nama kelima nama diatas ditambah dengan Kartini dan Darmawanti. Semakin hari, bertambah teman-teman yang berminat untuk belajar bersama dan disepakati untuk mengembalikan nama komunitas ini menjadi Embargo Pioneer Study Club.

Tahun 2006, Menjadi awal keinginan besar untuk berbagi dengan orang-orang yang memiliki keterbatasan akses di bidang pembelajaran khususnya bahasa Inggris yang berwawasan lingkungan hidup tepatnya tanggal 23 Agustus 2006 maka dibentuk nama induk untuk EBG yaitu SkholatanpabBatas disingkat STB/Skhola.

Skholatanpabatas sebagai wujud keinginan untuk berbagi tanpa batas kepada siapapun yang membutuhkan dalam hal pembelajaran tentunya. Tanpa perlu ada batasan dinding, pakaian, tempat tinggal, strata sosial, suku, agama, gender dan lain-lain dan kesemuanya kami lakukan secara tulus dan ikhlas untuk berbagi kepada sesama.

Tahun 2007 komunitas ini mengepakkan sayapnya di Bone dengan mengusung nama Embargo Pioneer Study Club dengan format kegiatan English Study Club yang berwawasan lingkungan yang difasilitasi oleh Adnan A. Saleh, S.Psi, Andi Muhammad Subhan, M.Hum, Jumriadi, SKM. Sebagai langkah awal memperluas jaringan, komunitas ini kemudian membuat kegiatan di beberapa sekolah dan komunitas di Bone.

Tahun 2008 memperluas jaringan lagi dibeberapa tempat di Makassar yaitu di Pampang dengan nama  Skholatanpabatas Pampang Bersaudara (Pambers), SMP Negeri 23 Makassar dengan nama Imagination of Duti English School (IDES) dan di Barombong dengan nama  Skholatanpabatas Study Till Sunset (STS)

Tahun 2009 memenuhi permintaan beberapa teman yang antusias untuk membentuk komunitas yang sama dan ingin berada satu atap di Skholatanpabatas maka dibentuk lagi komunitas di Makassar tepatnya di Deppasawi yaitu  Skholatanpabatas Deppasawi dan di Mammoa dengan nama  Skholatanpabatas Mammoa dan juga di Kabupaten Pinrang dengan nama  Skholatanpabatas  Spirit of Nature English Club (SONiC).

 

Sumber: skholatanpabatas.wordpress.com


Layanan Publik - Instansi