Luhut Ajak Apple-Samsung-Huawei Buka Pabrik di RI

By PUBinfo Redaksi 14 Jan 2019, 13:42:20 WIB | dibaca : 71 pembaca

Luhut Ajak Apple-Samsung-Huawei Buka Pabrik di RI

Foto: Menko Maritim Luhut Pandjaitan bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, melakukan peletakan baru pertama, pembangunan perusahan PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) pada hari Kamis (30/8). (dok. Kemenko Maritim)

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan akan mengajak Apple, Huawei, hingga Samsung berinvestasi di tanah air. 

Dijelaskan Luhut, Indonesia sebagai negara penghasil timah terbesar kedua di dunia, bakal menggandeng ketiga perusahaan ternama dunia itu mau membuat perangkatnya di Indonesia. Sebab, timah menjadi komponen penting dalam telepon seluler.

"Selama ini timah kita ekspor saja, padahal kita bikin handphone, pakai timah, kita penghasil timah kedua di dunia," kata Menko Luhut, saat acara Coffee Morning di Kantor Kemenko Bidang Kemaritiman, Jakarta, Senin (14/1/2019). 

Tentunya kata Luhut, untuk menarik minat perusahaan itu mau membangun pabriknya di dalam negeri, pemerintah akan menyiapakan insentif, namun Luhut masih belum mengelaborasi lebih lanjut perihal insentif seperti apa yang nantinya akan diberikan.  

"Apple sudah kita approach, Huawei, Samsung semua yang gunakan bahan hardware (timah), dia kita approach dia buat di sini, tentu kita buat insentif agar mereka mau buat (pabrik) di sini," ungkap Luhut. 

Rencana menggandeng perusahaan itu sejalan dengan pemerintah yang saat ini tengah mengembangkan kawasan industri terintegrasi di Morowali. Kawasan industri di Morowali akan menjadi lompatan besar bagi pengembangan industri lithium baterai yang terintegrasi di Indonesia. 

Di kawasan tersebut akan dibangun pabrik pertama yang membangun komponen lithium bateral dari bahan dasar nikel di Indonesia. Saat ini jumlah investasinya di Morowali, imbuh Luhut, telah mendekati 7,8 miliar dolar AS. "Kita ingin mengembangkan contoh Morowali juga di sini," pungkasnya.

 

Sumber : cnbcindonesia.com