Gempa M 5,9 di Mukomuko Dekat Titik Gempa Besar Mentawai M 7,7 2010 Silam

By PUBinfo Redaksi 03 Agu 2021, 11:32:42 WIB | dibaca : 82 pembaca

Gempa M 5,9 di Mukomuko Dekat Titik Gempa Besar Mentawai M 7,7 2010 Silam

Foto: Ilustrasi

Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memutakhirkan magnitudo gempa yang mengguncang Mukomuko, Bengkulu dan sekitarnya. Teranyar, gempa disebut bermagnitudo 5,9. BMKG menyebut ada hal yang menarik dicermati, yakni titik gempa pagi ini dekat dengan titik gempa besar 7,7 magnitudo yang melanda Mentawai pada Oktober 2010 silam.

"Menarik untuk dicermati bahwa Gempa Pagai Selatan magnitudo 5,9 pagi ini lokasinya dekat gempa besar yang terjadi pada 25 Oktober 2010 dengan magnitudo 7,7, yang memicu tsunami, menyebabkan 408 orang meninggal dan 303 orang hilang," kata Kepala bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangan tertulis, Selasa (3/7/2021).

"Hanya saja Gempa Pagai (Kabupaten Mentawai-red) 2010 pusatnya dekat ke deformation front. Sementara gempa (Mukomuko-red) pagi ini pusatnya lebih dekat ke arah Pulau Pagai Selatan," sambung Daryono.

Berdasarkan perkembangan terbaru, gempa tersebut terjadi pukul 5.48 WIB, di koordinat 3,23° LS - 100,11° BT, tepatnya di laut. Gempa berjarak 25 km arah barat Pulau Pagai Selatan. Kedalaman gempa masuk kategori dangkal yaitu 21 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa (dekat-red) Pulau Pagai Selatan ini merupakan jenis gempa dangkal, akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia, tepatnya di zona megathrust Segmen Mentawai-Pagai," jelas Daryono.

"Segmen sumber gempa Mentawai-Pagai yang menjadi pembangkit gempa pagi ini merupakan zona sumber gempa potensial yang mampu membangkitkan gempa dengan magnitudo tertarget 8,9," imbuh dia.

Daryono menyampaikan analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa pagi ini bergerak naik (thrust fault). Thrust fault, lanjutnya, ciri khas gempa yang bersumber di zona megathrust.

"Guncangan gempa pagi ini dirasakan sangat kuat di Pulau Pagai Selatan dalam skala intensitas IV-V MMI. Saking kuatnya guncangan, sebagian warga lari berhamburan ke luar rumah untuk menyelamatkan diri," terang Daryono.

"Di Mukomuko Bengkulu guncangan juga dirasakan kuat dalam skala intensitas III-IV MMI, sedangkan di Padang dan Pariaman guncangan mencapai II-III MMI. Di Kepahiang, Kota Bengkulu, dan Curup gempa dirasakan lemah dalam intensitas II MMI," sambung dia.

 

Sumber : detik.com