Wisata Asal Muasal Wali Songo, Ada Sejarah yang Terlupakan

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 08 Jul 2015, 10:05:07 WIB | dibaca : 2429 pembacaWisata

Wisata Asal Muasal Wali Songo, Ada Sejarah yang Terlupakan

Wisata Bahari Lamongan - Anjungan Wali Songo

Jakarta - Wali Songo adalah penyebar Islam di Pulau Jawa. Tapi dari mana mereka berasal? Benarkah mereka bukan orang Indonesia? Wisata religi asal muasal Wali Songo, bisa jadi alternatif baru memahami masuknya Islam di Indonesia.

Wali Songo adalah formasi 9 ulama besar yang menyebarkan Islam di Pulau Jawa. Anggota timnya kerap berubah dalam beberapa generasi, jika ada yang wafat digantikan yang lain. Namun yang paling diingat masyarakat adalah Sunan Gresik, Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Drajat, Sunan Giri, Sunan Gunung Jati, Sunan Kudus, Sunan Kalijaga dan Sunan Muria. Itu urutan berdasarkan senioritas alias umur.

Dari manakah Wali Songo berasal? Pertanyaan itu kembali menyeruak dan hangat diperbincangkan di bulan Ramadan. Ada yang bilang mereka dari Timur Tengah, Yaman tepatnya. Ada yang bilang mereka keturunan etnis Tionghoa. Yang paling baru beredar di sosmed, Wali Songo adalah utusan Turki. Hmmm, mungkin karena Turki sedang menjadi tren di televisi. Memang tugas sejarawan untuk menelusuri jejak silsilah yang benar.

detikTravel memakai pendekatan lain yaitu dari perspektif wisata religi. Nyatanya, masih banyak destinasi wisata religi terkait dengan Wali Songo yang luput dari perhatian umat Islam di Indonesia. Ini karena lokasinya tidak berada di Indonesia. Destinasi wisata religi yang terkait dengan asal mula kemunculan Wali Songo, justru ada di Malaysia dan Vietnam, bukan di Jawa.

Negeri Champa sering disebut-sebut dalam sejarah Wali Songo, tapi dimanakah Negeri Champa ini berada? Yang jelas, Champa bukanlah Aceh, melainkan kerajaan di negara yang sekarang menjadi Kamboja dan Vietnam. Orang-orang Champa masih ada di sana, mereka secara budaya dan bahasa masih dekat dengan Aceh. Desa mereka kini menjadi destinasi wisata budaya. Sebagian Wali Songo misalnya Sunan Ampel adalah keturunan Champa yang masih berdarah Tionghoa.

Destinasi lain yang luput dari perhatian adalah Kelantan di Malaysia. Sebelum bernama Kelantan, negeri ini bernama Kerajaan Chermin dengan ibukota bernama Jiddah. Kisah kerajaan ini pun seperti hilang dalam lembaran sejarah, padahal orangtua para Wali Songo kemungkinan tumbuh besar di negeri ini. Adakah jejak Wali Songo yang ditinggalkan di Kelantan?

Selain itu, yang sering luput dari perhatian wisatawan juga adalah wisata religi makam seorang ulama bernama Sayyid Hussein Jumadil Kubro. Namanya kalah ngetop dibanding Wali Songo. Tapi siapa sangka, seluruh Wali Songo adalah anak cucunya. Bahkan lebih dahsyatnya, seluruh kesultanan di Asia Tenggara adalah anak cucunya. Siapakah dia, dimanakah makamnya? Tentu itu bisa menjadi tujuan destinasi wisata religi Anda selanjutnya.

Liputan khusus asal-usul Wali Songo di detikTravel sepanjang Rabu (8/7/2015) akan menawarkan perspektif baru dengan melebarkan area traveling religi sampai ke Malaysia, Vietnam dan Kamboja. Dengan gambar yang lebih besar, kita bisa memahami dengan utuh, bagaimana sebenarnya Islam masuk ke Indonesia.

Kita pun bisa memahami kisah Wali Songo dengan lebih utuh. Wali Songo dan keluarga besarnya ternyata bukan hanya milik Indonesia, tapi Asia Tenggara.

 

Sumber: detik.com