WhatsApp Uji Coba Atur Backup Chat Agar Makin Hemat Tempat

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 15 Okt 2021, 09:40:48 WIB | dibaca : 65 pembacaTeknologi

WhatsApp Uji Coba Atur Backup Chat Agar Makin Hemat Tempat

WhatsApp Uji Coba Atur Ukuran Backup Chat Agar Makin Hemat Tempat Foto: dok. Rawpixel

Jakarta - WhatsApp terus menguji coba fitur baru untuk memudahkan pengguna mencadangkan pesannya. Setelah menghadirkan fitur enkripsi end-to-end untuk backup chat, kini WhatsApp menguji coba fitur untuk mengatur ukuran chat yang akan di-backup.

Fitur baru ini ditemukan oleh WABetaInfo di WhatsApp beta untuk Android versi 2.21.21.7. Tapi fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan belum tersedia untuk penguji coba beta, seperti dikutip dari 9to5Google, Kamis (14/10/2021).

Screenshot yang diunggah WABetaInfo memperlihatkan halaman baru di mana pengguna bisa mengatur ukurannya chat yang akan dicadangkan. Pengguna bisa memilih kategori konten yang akan dicadangkan seperti foto, audio, video, dokumen, dan media lainnya.

Fitur ini tentu sangat membantu pengguna yang sudah lama menggunakan WhatsApp dan menimbun banyak media di ponselnya. Saat ini pengguna WhatsApp hanya bisa mencadangkan semua konten yang ada di ponselnya, tapi mereka bisa memilih untuk tidak mencadangkan konten video.

Fitur atur ukuran backup chat di WhatsApp


Rupanya ada alasan khusus mengapa WhatsApp mengembangkan fitur ini. Seperti diketahui, saat ini backup chat WhatsApp yang disimpan di Google Drive tidak memakan kuota penyimpanan pengguna, karena WhatsApp dan Google sudah memiliki perjanjian.

Tapi, ada kemungkinan perjanjian ini akan dibatalkan dan backup chat WhatsApp di Google Drive akan mengambil sebagian dari kuota penyimpanan pengguna, dan WhatsApp menawarkan fitur baru ini untuk membantu pengguna mengatur ukuran chat yang akan dicadangkan karena tempat penyimpanan yang terbatas.

Jika kabar ini benar, Google mungkin akan berhenti menawarkan penyimpanan tanpa batas untuk backup chat WhatsApp. Sebagai gantinya, Google akan menawarkan kuota penyimpanan terbatas sebesar 2 GB per pengguna.

WABetaInfo mengatakan kabar ini baru sebatas rumor karena belum ada pengumuman resmi dari WhatsApp. Tapi mengingat Google belum lama ini berhenti menawarkan penyimpanan unlimited untuk Photos, bukan tidak mungkin mereka akan melakukan hal yang sama untuk penyimpanan Drive di WhatsApp.

Fitur untuk mengatur ukuran backup chat ini masih dalam tahap pengembangan dan belum diketahui kapan akan dirilis. Sementara itu pengguna WhatsApp beta di Android dan iOS saat ini sudah bisa menjajal fitur backup yang terlindungi enkripsi end-to-end.

 

Sumber : detik.com