Selain Tinotuan, Manado Punya 5 Menu Sarapan Enak Ini

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 19 Sep 2019, 09:20:46 WIB | dibaca : 75 pembacaKuliner

Selain Tinotuan, Manado Punya 5 Menu Sarapan Enak Ini

Foto: Instagram @ @iinsidh

Jakarta - Kota di ujung utara Sulawesi ini punya menu sarapan enak. kaya akan sayuran segar dan bumbu yang lengkap. Tentu saja jadi santapan pagi yang memasok energi.

Sulawesi Utara punya hasil kebun dan hasil laut yang sangat berlimpah. Tak heran jika menu ikan mendominasi menu harian masyarakat Manado. Hampir semua jenis sayuran juga selalu dihadirkan dalam hidangan. Segar, murah dan kaya nutrisi.

Makanan tak akan enak jika tak dicocol sambal. Cabai khas Sulawesi Utara yang pedas menyengat membuat makan jadi makin lahap. Pagi hari selalu diawali dengan santapan enak kaya nutrisi. Selain bubur Manado atau tinotuan, ada pilihan sarapan lain yang tak kalah menggodam seperti makanan ini.

1. Tinotuan

Tampilan bubur Manado tidak putih dan didominasi oleh nasi tetapi justru hijau kekuningan dengan tekstur kental. Ini karena memang diracik dengan sedikit beras tetapi ditambah aneka umbian. Seperti ubi kuning, ubi putih atau labu kuning.

Hampir semua sayuran daun ada dalam bubur ini. Makanya orang selalu bilang "hanya daun pintu yang tidak disayur". Daun kangkung, daun pandan muda, daun kangkung, daun bawang, daun kemangi dan daun lelem. Daun lelem yang berbentuk seperti jari berlendir jika dimasak. Daun inilah yang membuat bubur manado kental berlendir dan segar.

Selain itu kadang ditambahkan jagung manis yang disiir halus bijinya. Sebenarnya bubur ini merupakan makanan sederhana yang bisa diracik dengan semua bahan yang ada di kebun rumah. Tanpa perlu belanja ke padar. Karena hampir setiap rumah di sana punya kebun kecil.

Pelengkap menyantap bubur yang kental renyah ini adalah sambal dan ikan asin. Sambalnya bisa sambal ulek dari cabai rawit merah khas Manado yang pedas menyengat. Atau cakalang rica yang gurih pedas. Ikan asin biasanya dipotong kecil dan digoreng kering. Terbayang bangaimana gurih renyah berpadu dengan pedasnya sambal. Mantap!

Bubur Mando juga bisa dibeli di warung kopi, rumah makan khusu Manado ataupun di penjual bubur manado. Harganya murah karena sebagian besar berbahan sayuran segar. Yang jelas bubur ini jadi santapan kaya nutrisi untuk mengawali pagi.

2. Nasi Kuning Manado

Nasi kuning menjadi menu sarapan di berbagai kota di Indonesia. Seperti Solo, Gorontalo, Makassar hingga Semarang. Meskipun sama-sama dimasak dengan kunyit dan santan, nasi kuning di tiap daerah punya racikan lauk berbeda.

Nasi kuning Manado terdiri dari nasi kuning, ikan cakalang rica, telur rebus, kering kentang dan sambal. Nasinya pulen beraroma kunyit, serai dan pandan yang wangi. Rasa gurih santannya juga terasa kuat.

Yang jelas cakalangnya terasa gurih, smoky dengan rasa pedas kuat. Yang unik sejak dulu nasi kuning di Manado yang dipelopori oleh RM Saroja adalah dibungkus daun lontar atau woka. Daun enau ini beraroma harum dan bisa membuat nasi kuningnya tak mudah basi. Dengan Rp 15.000 Anda sudha bisa menikmati nasi kuning komplet.

3. Pisang goreng plus sambal

Jika ingin sarapan di warung kopi, jangan lewatkan menikmati pisang goreng khas Manado. Dikenal punya beragam jenis pisang, ada beragam olahan pisang khas Manado. Di antaranya pisang goreng Manado.

Terlihat seperti pisang goreng biasa tetapi sajiannya agak berbeda. Beberapa warung yang menjual pisang goroho, pisang mirip pisang tanduk dengan tekstur keras yang diiris tipis dan digoreng. Ada juga pisang kepok kuning yang tak terlalu masak. Pisang dibelah-belah membujur dan dibuka seperti kipas. Kemudian dicelup dalam adonan tepung terigu dan terpung beras lalu digoreng kering. Warnanya cokelat keemasan dan renyah rasanya.

Pisang gorneg di Manado disajikan hangat dengan sambal. Sambalnya bisa sambal roa atau sambal rawit goreng yang super pedas. Rasa manis renyah pisang goreng dipadukan dengan cocolan sambal yang pedas menggigit.

4. Panada dan lalampa

Selain makanan berat, aneka jajanan tradisional Manado juga enak dinikmati sebagai menu sarapan. Misalnya saja panada, roti manis dengan isian ikan cakalang berbumbu pedas ini digemari banyak orang.

Teksturnya empuk dengan rasa sedikit manis seperti roti manis tetapi dengan isian cakalang berbumbu rica yang pedas gurih dengan aroma asap. Selain itu ada jajan pasar yang mengenyangkan lainnya, yaitu lalampa.

Penganan ini mirip dengan lemper. Dibuat dari beras ketan yang dikukus dengan santan hingga empuk. Kemudian diisi dengan cakalang fufu atau ikan cakalang asap yang dibumbui dengan cabai. Lalu lemper yang dibentuk bulat panjang 15 cm ini dipanggang di atas bara api hingga daunnya agak kering.

Tektur beras ketan yang pulen dengan isian yang gurih pedas membuat jajanan ini enak dimakan hangat. Selain itu ada beragam penganan kecil khas Manado yang manis, seperti balapis, apang coe, koyabu dan lain-lainnya.

5. Mie cakalang

Seperti di daerah lain sajian mie selalu jadi favorit untuk sarapan. Di Manado juga ada sajian mie yang dikenal dengan nama mie cakalang. Ini karena mie diracik dengan topping cakalang fufu atau ikan cakalang asap yang dibumbui dengan cabai.

Sajian mie cakalang ada mie cakalang kuah dan ada juga mie cakalang goreng. Sebenarnya racikannya tak jauh beda dengan mie ayam. Mie kuning diberi kuah kaldu bening dengan paduan daun sawi lalu diberi topping cakalang fufu berbumbu pedas. Masih juga disediakan tambahan sambal cabai hijau dan cabai merah untuk pelengkapnya.

Tekstur renyah daging ikan cakalang asap membuat rasa mie jadi gurih enak. Smeentara untuk mie cakalang goreng juga tak beda tampilannya dengan mie goreng. Tampilannya tak berbeda dengan mie goreng biasa. Dilengkapi dengan sawi dan daun bawang. Hanya saja menggunakan campuran ikan cakalangan dan cabai hingga rasanya gurih pedas.

 

Sumber : detik.com