Facebook Akan Luncurkan Kacamata Pintar Tahun Depan

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 18 Sep 2020, 09:17:38 WIB | dibaca : 86 pembacaTeknologi

Facebook Akan Luncurkan Kacamata Pintar Tahun Depan

Facebook Akan Luncurkan Kacamata Pintar Tahun Depan Foto: Facebook

Jakarta - Facebook akan meluncurkan kacamata pintar pertamanya pada tahun 2021. Kacamata pintar ini adalah hasil kolaborasi Facebook dengan Luxottica, raksasa produsen kacamata mewah asal Italia.

Dalam event Facebook Connect, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan kacamata pintar ini akan mengusung merek Ray-Ban, salah satu merek yang dipegang oleh Luxottica. Zuckerberg mengatakan kemitraan ini akan membantu mengakomodasi gaya dan preferensi yang dimiliki konsumen kacamata pintarnya.

"Kami tidak memiliki produk untuk dibagi dengan kalian hari ini tapi saya senang untuk berbagi bahwa kami telah membentuk kemitraan berjangka mulai dari membangun dan meluncurkan kacamata pintar pertama kami tahun depan," kata Zuckerberg seperti dikutip detikINET dari TechCrunch, Kamis (17/9/2020).

Facebook tidak memberikan detail lebih jauh tentang wujud dan fitur kacamata pintar tersebut, tapi mereka mengonfirmasi bahwa perangkat tersebut tidak akan memiliki layar terintegrasi. Jadi produk akhirnya mungkin akan lebih mirip kacamata pintar seperti Snap Spectacles atau Amazon Echo Frames.

Perusahaan yang berbasis di Menlo Park, AS ini juga terus mengembangkan kacamata augmented reality (AR) yang akan terintegrasi dengan software buatannya. Pada tahun 2018, Facebook memang telah memastikan bahwa mereka sedang mengembangkan kacamata AR yang sebenarnya.

Kacamata AR ini merupakan bagian dari Project Aria, salah satu inisiatif AR yang dikembangkan oleh Facebook Reality Labs. Mulai awal bulan ini, beberapa pegawai dan pegawai kontrak Facebook akan menguji coba kacamata tersebut di sekeliling markas untuk menjajalnya di kehidupan nyata.

Uji coba tersebut akan membantu Facebook memahami hal-hal yang tidak mereka pahami di laboratorium, misalnya sensor apa yang harus digunakan di hardware dan jenis data apa yang boleh dan tidak boleh dikumpulkan.

Dalam sebuah video, Facebook memperlihatkan beberapa contoh penggunaan kacamata pintar di kehidupan sehari-hari, misalnya memberikan rekomendasi musik di toko musik atau memberi peringatan visual yang memperlihatkan lokasi kunci yang hilang.

Head of Facebook Reality Labs Andrew Bosworth mengatakan bahwa Facebook akan melakukan uji coba yang mendalam sebelum perangkat AR ini dijual ke publik.

 

Sumber  : detik.com