Bocoran Mobil Baru Nissan untuk Indonesia, Leaf?

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 27 Jul 2021, 08:25:00 WIB | dibaca : 135 pembacaOtomotif

Bocoran Mobil Baru Nissan untuk Indonesia, Leaf?

Nissan unggah teaser mobil baru Foto: Instagram @nissanid

Jakarta - Nissan Indonesia memberi gambar teaser mobil baru yang segera diluncurkan ke Tanah Air. Dari siluet gambar tersebut diduga sosoknya ialah Nissan Leaf.

Potongan siluet mobil itu diunggah melalui akun instagram Nissan Indonesia @nissanid. Hanya buritan belakang mobil yang diperllihatkan dengan tulisan "Zero Emission".

Disinyalir Nissan bakal segera meluncurkan Leaf yang sebelumnya direncanakan bakal melantai pada 2020 lalu.

Agenda peluncuran Nissan Leaf juga sudah diungkapkan Head of External and Government Affairs PT Nissan Motor Indonesia, Coki Panjaitan saat konferensi pers di Jakarta Selatan, Desember lalu, ia memastikan Nissan Leaf akan diluncurkan tahun 2021.

"Leaf akan datang tahun depan," kata Coki saat itu.

Nissan Leaf pertama kali meluncur pada 2010 secara global. Kini, sudah 500.000 unit Nissan Leaf terjual di seluruh dunia. Nissan Leaf diproduksi di Jepang, Amerika Serikat, dan Inggris dan dijual di 59 negara di dunia.

Bicara spesifikasi, mobil listrik murni ini dijual di dijual mulai dari USD 31.600 atau sekitar Rp 469 juta.

Sementara di Indonesia, berdasarkan Permendagri No. 8 Tahun 2020 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, harga Nissan Leaf berada di bawah Rp 1 miliar.

Dalam lampiran Nissan Leaf (4x2) A/T tercatat memiliki Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Rp 529 juta, dengan pengenaan bobot sebagai Minibus. Serta Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor (DP PKB) sebesar Rp 555.450.000.

Nissan Leaf ditawarkan dalam dua opsi. Pada model standarnya, motor listrik menghasilkan 147 hp dan torsi 236 lb-ft, yang dikirim ke roda depan melalui transmisi otomatis. Nissan Leaf dapat melaju dengan satu baterai lithium-ion 40 kWh terisi penuh sejauh 240 km.

Sementara itu versi Plus menawarkan output 214 hp dan torsi 250 lb-ft. Tenaga listrik disimpan di baterai 62 kWh yang dapat membuatnya tahan melaju sejauh 363 km dengan satu kali pengisian penuh. Baterai Nissan Leaf dapat diisi hingga 80 persen dalam waktu kurang dari satu jam menggunakan stasiun pengisian daya cepat.

Ini merupakan salah satu mobil listrik terlaris di dunia, lantaran penjualan mobil listriknya tembus lebih dari 500 ribu unit sejak 10 tahun diluncurkan.

Jika benar akan diluncurkan pada tahun ini, maka Nissan Leaf akan meramaikan mobil listrik di Tanah Air bersama Hyundai Kona, Hyundai Ioniq, DFSK Gelora E, BMW i3S, Lexus UX300e dan Tesla -- melalui importir umum.

 

Sumber : detik.com