Akhirnya! Hendra Setiawan Juara Piala Thomas Juga

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 18 Okt 2021, 08:45:03 WIB | dibaca : 63 pembacaOlahraga

Akhirnya! Hendra Setiawan Juara Piala Thomas Juga

Hendra Setiawan akhirnya merengkuh Piala Thomas pertamanya (Yohan Nonotte/Badminton Photo)

Aarhus - Karier Hendra Setiawan kian lengkap usai Indonesia menjuarai Piala Thomas 2020. Sebab ini jadi trofi pertama untuk Hendra dari ajang tersebut. Mantap!

Indonesia mengakhiri turnamen tersebut sebagai juara usai mengalahkan China pada laga final di Ceres Arena, Minggu (17/10/2021) malam WIB. Jonatan Christie jadi penentu kemenangan 3-0 usai mengalahkan Li Shi Feng 21-14, 18-21, dan 21-14.

Kemenangan Indonesia diawali Anthony Sinisuka Ginting yang mengalahkan Lu Guang Zu dengan skor 18-21, 21-14, dan 21-16 pada partai pertama.

Lalu, dilanjutkan di partai kedua ketika ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menumpas He Ji Ting/Zhou Hao Dong dengan dua gim langsung, 21-12 dan 21-19.

Bagi Indonesia, gelar ini sekaligus mengakhiri puasa 19 tahun di ajang Piala Thomas. Terakhir kali Indonesia memenanginya pada 2002 saat mengalahkan Malaysia 3-2 di final.

Indonesia masih jadi negara dengan gelar Piala Thomas terbanyak, yakni 14, menggungguli China dengan 10 gelar. Gelar ini terasa spesial untuk kapten Tim Thomas Indonesia Hendra Setiawan.

Sebab, Hendra Setiawan juga untuk pertama kalinya bisa meraih trofi di ajang ini sekaligus melengkapi piala mayor selama kariernya. Di level internasional, Hendra sudah meraih empat gelar juara dunia pada 2007, 2013, 2015, dan 2019 serta sekali medali emas Olimpiade 2008.

Ini adalah gelar mayor beregu pertama Hendra setelah gagal pada di final 2010. Indonesia kala itu kalah 0-3 dari China dan Hendra yang berpasang dengan almarhum Markis KIdo takluk dari musuh bebuyutan Cai Yun/Fu Haifeng dalam pertarungan tiga gim.

Sementara di final 2016, Hendra yang berpasangan dengan Mohammad Ahsan sebenarnya bisa mengalahkan Mads Conrad-Petersen / Mads Pieler Kolding. Tapi, Indonesia kalah 2-3 dari Denmark.

Di edisi tahun ini, Hendra memang jarang bermain dan cuma sekali turun saat menghadapi Aljazair di laga perdana fase grup. Hendra /Ahsan mengalahkan Koceila Mammeri/Youcef Sabri Medel.

Kini tinggal satu gelar internasional yang belum bisa diraih Hendra, yakni Piala Sudirman. Pada ajang tersebut dua pekan lalu, Hendra dan Indonesia dihentikan Malaysia di perempatfinal.

"Saya tidak bisa berkata apa-apa. Saya merasa sangat senang karena ini adalah gelar pertama untuk saya dan seluruh tim. Kami menunggu 19 tahun dan akhirnya bisa membawa pulang lagi trofi ini," ujar Hendra usai pertandingan.

 

Sumber : detik.com