5 Manfaat Kesehatan Saat Bebas dari Kafein

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 07 Apr 2020, 09:09:43 WIB | dibaca : 58 pembacaKesehatan

5 Manfaat Kesehatan Saat Bebas dari Kafein

Minum kopi diyakini dapat melepaskan stres bagi beberapa orang. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan tentu tidak baik bagi kesehatan. Foto/Yournews.com

JAKARTA - Menurut sebuah penelitian, orang Amerika saat ini minum lebih banyak kopi daripada sebelumnya. Minum kopi memang telah menjadi gaya hidup, tidak hanya di Amerika atau Eropa, di Indonesia pun kini telah menjamur kedai-kedai kopi yang menawarkan berbagai jenis pilihan kopi.

Minum secangkir kopi diyakini dapat melepaskan stres bagi beberapa orang setelah seharian bekerja. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan tentu tidak baik bagi kesehatan.

Dilansir laman Boldsky, ada beberapa manfaat jika Anda sama sekali terbebas dari kafein dan berikut adalah manfaat tersebut.

1. Mengurangi Kecemasan

Jika Anda merasa cemas belakangan ini, mungkin itu karena terlalu banyak mengonsumsi kafein. Perlu diketahui, kafein memang menghadirkan energi namun dapat pula menstimulasi hormon yang menyebabkan kecemasan, kegugupan, bahkan jantung berdebar.

2. Tidur yang Lebih Baik

Kebiasaan minum kafein bisa memengaruhi tidur Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan kopi dapat mengubah siklus tidur Anda dan menyebabkan tidur gelisah dan mengantuk di siang hari.

3. Penyerapan Nutrisi yang Lebih Efisien
Tidak mengonsumsi kafein sama sekali bisa membantu Anda mendapatkan semua nutrisi, apalagi jika Anda sedang menerapkan diet seimbang.

4. Gigi Lebih Sehat
Kopi dan teh bisa saja menodai gigi Anda. Sebuah penelitian juga mengungkapkan, minuman berkafein seperti kopi dan soda dapat menyebabkan keausan serta pembusukan pada gigi.

5. Menurunkan Tekanan Darah
Tidak mengonsumsi kafein sama sekali bisa berpengaruh sangat baik untuk tekanan darah Anda sebab kafein diyakini dapat meningkatkan kadar tekanan darah lantaran adanya efek stimulasi pada sistem saraf.

 

Sumber ; sindonews.com