10 Masjid atau Musala dengan Mal Bersih di Jakarta

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 21 Sep 2019, 08:56:15 WIB | dibaca : 31 pembacaWisata

10 Masjid atau Musala dengan Mal Bersih di Jakarta

10 Masjid atau Musala dengan Mal Bersih di Jakarta/Foto: Afif Farhan

Jakarta - Lagi jalan-jalan di mal saat weekend, jangan lupa untuk ibadah salat jika sudah waktunya. Masjid atau musala di Jakarta juga memiliki fasilitas yang bersih dan nyaman. Penasaran di mana saja?

Umumnya, durasi saat berbelanja yang lama, menyebabkan pengunjung mencari pusat perbelanjaan yang nggak cuma memiliki tenant beragam. Bahkan dicari fasilitas yang lengkap dan bersih, salah satunya adalah musala atau masjid.

Nah, buang jauh-jauh pandangan detikers tentang masjid atau musala mal yang sempit dan bau. Karena 10 masjid atau musala di mal-mal Jakarta berikut ini sangat bersih, luas, dan wangi. Berikut detikTravel rangkum masjid dan musala dengan mal bersih di Jakarta:

1. Grand Indonesia

Grand Indonesia memiliki dua musala yang sangat bersih yakni terletak di bagian East Mall dan West Mall.

Untuk di bagian East Mall, ada di lantai 5 dan buka dari pukul 11.00-21.00 WIB, serta pintu masuk musala pria dan wanita dipisahkan. Di sebelahnya, terdapat toilet yang juga bersih. Petugas kebersihan terlihat berlalu-lalang membersihkannya. Musala di Grand Indonesia pun bersih dan sejuk.

Sedangkan yang di West Mall, berada di lantai LG (lower ground). Musala ini amat besar dan muat ratusan jamaah, bahkan menampung jamaah salat Jumat di Grand Indonesia.

Salat tarawih di mal ini pun bisa. Setiap sore selama Ramadan ada takjil kue basah di musala ini. Kita pun bisa menitipkan barang bawaan di tempat penitipan.

2. Plaza Indonesia

Di Plaza Indonesia juga memiliki dua musala, pertama terletak di lantai 3. Meski hanya berkapasitas 30 orang, musala ini pun nyaman dan bersih dan dilengkapi tempat penitipan barang.

Yang kedua ada di P2, yakni lantai bawah tanah dan di sekelilingnya adalah parkiran mobil yang kapasitasnya besar.

3. Blok A Tanah Abang

Masjid ini terletak di atap pusat perbelanjaan Blok A Tanah Abang, dan terdiri dari dua lantai yang tersedia mukena dan kain sarung, yang wangi dan bersih. Lantai pertama untuk salat jamaah laki-laki dan lantai ke dua untuk jamaah perempuan.

Kamar mandi dan tempat berwudhu yang besar serta bersih. Di bagian luar masjid, terdapat ruangan PMI bagi pengunjung yang ingin donor darah. Di lorong-lorong masjid ini terdapat beberapa stop kontak yang bisa digunakan pengunjung untuk mengisi baterai ponsel sekaligus bisa istirahat.

4. Lotte Shopping Avenue

Di pusat perbelanjaan Lotte shoping Avenue ini, tiap lantai bisa ditemukan musala. Meskipun bisa dikatakan tidak terlalu besar, namun sangat nyaman dan bersih. Ruangan ini sejuk dan tempat wudhunya bersih.

Lampu musala yang tidak terlalu terang, membuat kita rileks dan khusuk dalam shalat. Selain itu tersedia mukena yang bersih dan wangi.

5. Pasaraya Blok M

Di Pasaraya Blok M terdapat Masjid Al-Latief yang cukup luas, ditambah karpet yang berwarna merah merona menambah keindahan mesjid. Di dinding masjid terdapat kaligrafi-kaligrafi indah yang dibingkai dan ditempel ke dinding.

Di tempat imam terdapat dua kaligrafi bertulis lafadz Allah dan Muhammad. Serta di tengah-tengah masjid terdapat lampu besar yang menggantung dengan indah.

Suasana masjid juga sangat nyaman. Lampu yang bikin rileks dan suhu ruangan yang adem membuat kita nyaman di masjid ini. Tempat berwudhunya juga bersih.

6. Senayan City

Musala Senayan City berada di Lower Ground. Untuk ke sana, detikers harus turun satu lantai dari lobi masuk dengan eskalator. Selain itu lokasinya berada di dekat area makanan.

Nama musala di mal yang berada di selatan Jakarta ini adalah Executive Musholla. Meski ukurannya tidak terlalu besar, namun tetap nyaman dan sejuk. Perlengkapan salat seperti sarung dan mukena pun tersedia lengkap.

7. Gandaria City

Musala di Gandaria City, Jakarta Selatan berada di Lantai UG. Lokasinya tidak jauh dari beberapa tempat makan seperti Kafe Betawi dan Nany"s Pavilion, bersebelahan persis dengan Pepsodent Dental Expert Center.

Musala di mal ini sangat nyaman, sejuk, bersih, dan cukup luas. Tempat wudhunya pun berada di dalam, alias tidak terpisah dari musala sehingga memudahkan para jamaah untuk salat. Saat bulan Ramadan, dari waktu salat Dzuhur hingga Isya, ramai oleh jamaah.

8. FX Sudirman

Terdapat dua musala di lantai dasar dan lantai empat mal FX Sudirman Jakarta Selatan. Musala lantai dasar dibuat dua ruangan untuk pria dan wanita.

Begitu juga musala di lantai empat, di lantai ini tentu akan terasa nuansa sejuk dan nyamannya. Hal ini karena tema warna hijau yang disematkan.

9. Kuningan City

Di Kuningan City, Jakarta Selatan, musala untuk pengunjung mal bisa ditemukan di lantai 3. Musala untuk pria dan wanita dibuat terpisah yang letaknya berseberangan, dan masing-masing cukup besar.

Terdapat petugas dan tempat penitipan barang bagi pengunjung, tempat wudunya yang bersih. Lantai berlapis karpet merah dengan dinding dan interior bernuansa coklat, tempatnya nyaman untuk beribadah, dan tersedia mukena dan sarung.

10. Kota Kasablanka

Di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, tersedia musala di lantai 1. Musala ini sangat bersih dan nyaman.

 

Sumber ; detik.com